Buruh Proyek Blok Cepu Diyakini Aman

Bojonegoro- Para buruh di blok Cepu diyakini tidak akan menuntut banyak. Hal tersebeut dikarenakan mereka memahami bahwa diberhentikanya mereka bukan karena PHK. Ini menjadi sebuah catatan bagi dinas ketenagakerjaan Bojonegoro. Mereka ( Dinas) percaya bahwa para buruh tidak akan melakukan banyak tuntutan kepada Cepu.

Menurut Ruslantoyo selaku bidang hubungan industrial dan penempatan ketenagakerjaan disnakertransos mereka para buruh bisa langsung beralih ke proyek pengembangan lapangan gas jambaran TBR. Rencananya PEPC juga akan melaksanakan perencanaan pekerjaan di bulan Desember 2015.

Menurutnya mereka sudah mengatakan kepada para buruh di jauh jauh hari tentang selesainya proyek Cepu. Selain itu pemda juga melaksanakan sosialisasi kepada para buruh. Mereka melakukan pelatihan, agar sewaktu para buruh bisa memiliki ketrampilan lain.

Untuk saat ini masih ada sekitar 2000-3000 buruh yang masih bekerja di blok cepu. Ini tentunya masih dalam perencanaan. Selama produksi minyak masih berjalan. Setelah sebelumnya rusuh di bulan Agustus blok cepu kini membaik.

Perubahan peraturan kala itu menjadi sebuah masalah yang masiv. Perubahan tersebut karena exxonmobile merubah peraturan untuk para pegawainya. Kesalah pahaman antara perusahaan dan karyawan karena kurangnya sosialisasi menjadi sebuah bola salju yang terus bergulir.

Kala itu menteri ESDM Sudirman mengatakan kerusuhan terjadi karena masalah teknis saja tidak ada isu permaslahan lainya. Setelah kejadian tersebut blok cepu sebenarnya sudah kembali normal hingga bulan desember.

Banyak yang mengatakan dengan adanya isu yang beredar bahwa para pekerja saat itu sudah tidak bisa bekerja dan beredarnya isu PHK. Namun pihak dinas menyatakan bahwa mereka sudah melakukan sosialisasi di jauh hari.

Sosialissasi tersebut menyatakan bahwa proyek cepu akan berakhir. Selesai projek akan adanya di bulan desember sehingga para pekerja tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Bahkan beredar ribuan pekerja blok cepu tidak memiliki pekerjaan lagi. Ini tentu menjadi sebuah masalah yang sangat besar bagi orang yang mendengarnya. Kabar burung pemecatan selalu dating. Gossip ini akan menjadi buruk ketika memang proyek telah berakhir dan para pekerja tidak memiliki pekerjaan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *