PHK Perusahaan Bukan Akhir Dari Kehidupan

Pemecatan dan pemutusah hubungan kerja memang menjadi momok bagi para pekerja dan bisa dibilang hal yang paling tidak ingin mereka lalui. pemecatan dapat berdampak pada kondisi psikis dan perkembangan karier seseorang bahkan yang terberat adalah kondisi ekonomi.

Perusahaan memang memiliki keputusan yang harus diambil ketika harus melakukan efisiensi dengan berbagai alasan. Dan salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakuka PHK kepada karyawan. Ibarat kata adalah ketika sebuah pesawat kelebihan muatan, mau tidak mau harus ada yang dilemparkan keluar untuk menyesuaikan muatan dengan badan pesawat.

Namun PHK bukan berarti menjadikan akhri dari kehidupan meskipun kondisi itu sulit dan sangat mempengaruhi segala faktor dalam kehidupan.

 

Salah satu contoh dan kisah inspirasi datang dari salah satu mantan karyawan sebuah pabrik bernama Dedi Heriawan yang menjadi kayawan perusahaan di Medan.

Setelah bekerja hampir 18 tahun, Dedi Irawan di PHK dari perusahaan dan sempat terpuruk akibat PHK secara mendadak yang dilakukan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Beberapa bulan dirinya masih terpikir dengan permasalahan PHK yang menimpa dirinya.

Namun sang istri dan anak memberikan semangat bahwa PHK yang menimpanya bukan sebuah akhir dari kehidupan. Semangat untuk membangun kehidupan dan pekerjaan baru menjadi salah satu dorongan bagaimana dirinya mulai membuka pandangan tentang sebuah kehidupan baru diluar dari karyawan.

Berbekal uang pesangon dari perusahaan Rp 50 juta, Dedi Irawan memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner di tempat usaha yang saat itu masih dirinya kontrak. dengan membuka Usaha Mie Wakwau dan Es Cendol yang berlokasi di sekitar perusahaan.

Allhamdulilah usaha yang dibuka berkat semangat dari sang istri dan anak setelah di PHK sukses, bahkan Dedi Irawan bisa meraup penghasilan berkisar Rp 7.000.000 hingga Rp 10.000.000. Angka ini lebih besar daripada penghasilanya yang saat itu masih menjadi karyawan Rp 5.000.000 perbulan.

Inilah yang bisa diambil hikmah dari sebuah PHK bagi karyawan. PHK bukan hal yang membuat anda harus beranggapan semuanya berakhir. Kehidupan akan terus berjalan bekerja keras dan tidak mudah patah semangat adalah kunci kesuksesan dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *